Jumat, 21 Januari 2011

Big Tree


Tuhan... Sudah lama sekali rasanya aku ga nulis lagi kisahku disini...

Setelah kurenungi, semenjak aku hidup baru denganMu, aku mengalami cukup banyak perubahan, pertumbuhan...

Mungkin lingkungan sekitarku berubah, tetapi aku juga ikut bertumbuh... Aku merasakan perubahan itu, Tuhan...

Seumpama pohon yang sedang bertumbuh...

Seringkali aku merasakan angin yang cukup kuat dan terkadang mematahkan rantingku, salah satu bagian dari anggota tubuhku.. Saat itu, aku merasa sakit dan sedih, Tuhan...

Ada pula yang sepertinya tidak ingin aku ditempatkan di tempatku ditanam sekarang dan mereka mungkin ingin mengaturku atau mungkin membuangku, aku cukup marah, namun aku tau, Kaulah pemilik tanah dan pemilikku, jadi Kau pasti akan mempertahankanku pada tanah dimana Kau ingin menanamku...

Dan, Tuhan, saat aku bertumbuh dan mulai memiliki sehelai daun, aku juga mulai menyadari, bahwa aku memerlukanMu setiap hari sebagai matahari agar aku dapat berfotosintesis, terus hidup dan terus bertumbuh...

Tuhan... Aku memang sedang bertumbuh, tetapi aku juga tau bahwa aku masih hanya sebatang kayu pendek yang berdaun sedikit, akarkupun belum terlalu kuat, ya Tuhan... Aku masih sering goyah saat angin kecil menerpa, aku masih sering merasa lelah untuk berdiri dan terus bertumbuh...

Terkadang aku ingin cepat-cepat menjadi pohon yang besar dan kokoh, rindang serta menyejukkan... Kapan itu terjadi padaku, Tuhan?

Sebatang kayu pendek yang berdaun sedikit ini sungguh ingin suatu saat nanti tumbuh menjadi besar dan berguna... Batangku sebagai rumah bagi para semut dan burung, kerindangan daun-daunku sebagai tempat berteduh bagi orang-orang yang membutuhkan, cabang-cabangku sebagai kayu bakar untuk yang kedinginan, buah-buahku sebagai kenikmatan dan obat bagi makhluk hidup yang memakannya, dan bahkan aku ingin sekali ranting-rantingku dapat menampung ulat-ulat yang suatu hari akan berubah menjadi kupu-kupu cantik dan memperindah dunia ciptaanMu...

Sungguh ingin, Tuhan, sungguh, aku ingin menjadi pohon yang membuatMu tidak menyesal telah menanamku, menjadi pohon yang berguna bagi dunia ini, menjadi pohon yang menceritakan tentang kebesaran kasihMu...

Tuhan, biarlah ini menjadi harapanku untuk waktu-waktu kedepan, walau aku belum tau kapan aku akan tumbuh seperti itu dan proses apa saja yang harus aku lalui untuk menjadi seperti pohon besar itu... Jika melihat diriku yang hanya sebatang kayu ini, rasanya mustahil bisa menjadi pohon yang besar itu... Tapi dengan imanku yang sangat kecil ini, aku yakin harapanku bukan harapan yang kosong... Karena tidak ada yang mustahil bagiMu di dalam diriku, bukan? Terus dorong aku agar aku bertumbuh, Tuhan. Dan jangan biarkan aku menjadi pohon yang mati, Tuhan, sebelum aku benar-benar bisa berguna bagiMu dan bagi dunia ini...


(Picture-courtesy of: National Geographic.com)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar